Wednesday, December 21, 2011

Cara dan Tips Membuat Rendang Agar Lebih Ajiiiiib


Rendang adalah salah satu masakan tradisional minangkabau yang sangat terkenal dan dusukai oleh banyak orang di dunia. Rendang mempunyai bahan dasar daging yang nantinya dicampur dengan berbagai macam bumbu dan remapah-rempah alami. Memasak rendang memerlukan waktu yang cukup lama, oleh karena itu diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam memasaknya. Dua hal inilah yang membedakan kualitas dan rasa rendang yang dimasak oleh seseorang.


Bahan- bahan:
1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Haluskan:
1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos, dikeprak


Cara membuat
Daging dipotong2 sesuai selera, lalu rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan dengan daun-daun dan asam kandis. Selanjutnya Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging. Aduk terus dan dimasak dengan api sedang.
Beberapa tips agar rendang yang di buat lebih ajiiiiib…
·         Tambahkan cabe, bawang putih, bawang merah boleh sesuai selera jika ingin rasa rendang yang dimasak lebih sarat bumbu.
·         Agar bumbu lebih meresap, sebaiknya daging diungkep dahulu bersama dengan semua bumbu dan daun, setelah air dagingnya kering baru  masukan santan.
·         Agar dedaknya banyak, tambahlah jumlah kelapa yang digunakan sehingga santan yang dihasilkan juga lebih banyak.
·         Pilihlah kelapa yang berbentuk lonjong karena biasanya kelapa yang seperti itu menghasilkan minyak lebih banyak saat dimasak. Memeras santannya, untuk perasan pertama sebaiknnya jangan tambahkan air dulu dan peras kelapa dengan menggunakan kain atau serbet khusus, supaya patinya keluar.
·         Gunakan air kelapa yang digunakan untuk memsak rendang tersebut untuk memeras santan, karena itu akan menambah rasa enak pada dedak rendang yang dihasilkan
·         Untuk cita rasa yang lebih mantap masaklah dengan menggunakan kayu (tungku) tidak dengan kompor. Karena akan berbeda cita rasa rendang yang dimasak dengan kompor dan dengan kayu.
·         Atur besar api saat memasak. Masak sampai berminyak dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket dan matangnya merata.
·         Jika ingin rendang berwarna hitam, jangan mengunakan kunyit. Jika memakai kunyit, Walaupun memasaknya dengan waktu yang lama dengan api kecil pun, rendang akan tetap berwarna merah. (Rina Wahyuni / 0810862046)

No comments:

Post a Comment