Wednesday, December 21, 2011

Stand Up Comedy Hadir di Padang

Stand Up Comedy merupakan bentuk dari seni komedi atau melawak yang disampaikan secara monolog kepada penonton. Biasanya ini dilakukan secara live dan komedian akan melakukan one man show. Meskipun di sebut dengan stand up comedy, komedian tidaklah selalu berdiri dalam menyampaikan komedinya. Ada beberapa komedian yang melakukannya dengan duduk dikursi persis seperti orang yang sedang bercerita.
Tidak mudah untuk menjadi pelaku Stand Up Comedy. Selain faktor "harus bisa melucu", tekanan mental juga pasti akan hadir selama penampilan. Jika lelucon yang diberikan tidak dimengerti atau bahkan tidak dianggap lucu, para audiens tentu tidak akan tertawa dan yang lebih parah mereka malah mencibir komedian yang tampil.
Stand Up Comedy biasanya dilakukan di kafe, universitas dan teater.
Dalam Stand Up Comedy, seorang komedian memiliki konsep atau materi sebagai bahan lelucon.
Komedian biasanya membuat script dan catatan-catatan kecil dalam rangka untuk mempermudah mereka dalam berkomedi. Walaupun nantinya akan disampaikan tanpa script.
Di Indonesia sendiri, Stand Up Comedy sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Nama beken seperti Butet Kertaradjasa telah lama ada di Stand Up Comedy di Indonesia. Dan dari perkembangan terakhir, muncul nama-nama baru lagi seperti Iwel, Pandji Pragiwaksono, Asep Suadji serta Raditya Dika.
Stand Up Comedy telah hadir di Kota Padang, untuk memberi hiburan di tengah pecinta hiburan komedi unik ini. Stand Up Comedy Padang pernah live streaming dari Star Radio dan Padang TV, event ini bisa juga ditonton di berbagai cafe, seperti Kedai Kopi Nuno’s dan Hommy CafĂ©. Dan patut kita ditunggu penampilan berikutnya, Follow saja twitter-nya di @StandUpIndo_Pdg. (Putri Rahma Amalia / 0810862024)

1 comment: