Wednesday, December 21, 2011

Rendang Telur, Kriuknya dari Payakumbuh


Kalau dengar nama rendang pasti ingatnya sama  Padang. Rendang memang merupakan makanan khas Padang dengan bermacam-macam bentuk. Ada rendang daging, rendang ayam, rendang belut, bahkan ada rendang telur. Rendang telur ini merupakan makan khas Payakumbuh.
Tapi jangan salah, rendang telur ini tidak seperti rendang lainnya seperti rendang daging. Kalau rendang daging menjadikan daging sebagai rendang, rendang telur juga menjadikan telur sebagai rendang, tetapi bukan dalam bentuk telur yang bulat utuh, melainkan disaji dalam bentuk kerupuk sehingga terasa gurih. Bentuk makanan ini seperti lempengan kentang goreng yang diiris tipis. Rendang telur dibuat dari putih telur yang dikukus kemudian potong tipis-tipis. Setelah dipotong, selanjutnya digoreng dan dimasukkan ke bumbu rendang.
Telur dan tepung besertabumbu rendang diolah sehingga menghasilkan  rendang telur yang kriuk-kriuk jika dikunyah. Beberapa orang mengherankan bentuk rendang telur ini yang bisa renyah dan bentuknya pun tidak seperti telur bulat dan sangat kering. Bagi orang yang belum mengenal rendang telur pasti pasti tidak menyangka kalau rendang tersebut terbuat dari telur.
Rendang telur ini tidak cepat basi dan bisa bertahan lama selama lebih kurang dua bulan. Jadi tidak perlu khawatir jika makanan ini dijadikan oleh-oleh. (Rezita Amastasia / 0810862044)

No comments:

Post a Comment