Thursday, December 22, 2011

Tips Wisata Belanja Kerajinan Asli Minang di Bukittinggi, Agam dan Sekitarnya

Bukittinggi wajib menjadi salah satu list kota tujuan pariwisata saat anda ingin berkunjung ke Ranah Minang. Kenapa demikian, kerena kota yang mendapat julukan Bukittinggi Kota Wisata ini mempunyai beragam jenis pariwisata yaitu wisata alam, wisata sejarah, wisata religious, wisata kuliner, wisata budaya dan yang paling sayang untuk dilewatkan yaitu wisata belanja. Disini terdapat berbagai hal yang nantinya kan mengaruk isi kantong pelancong seperti berbagai macam pakaian (jilbab, selendang, mukena, baju, songket,dll) hasil kerajinan asli masyarakat Bukitinggi, Agam dan sekitarnya, aksesoris dan oleh-oleh khas Bukittinggi.
Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat anda kunjungi untuk berwisata belanja produk asli minang yang murah dan menyenangkan di kota Bukittinggi,Agam dan sekitarnya:
·         Pasa ateh (pasar atas) adalah salah pasar yang wajib di kunjungi karena disini terdapat berbagai toko yang menjual bermacam-macam pakaian (jilbab, selendang, mukena, baju, songket,dll) hasil kerajinan asli masyarakat Bukitinggi, Agam dan sekitarnya, aksesoris dan oleh-oleh khas Bukittinggi. Selain itu disini juga terdapat jam gadang merupakan benda bersejarah yang sudah ada sejak zaman penjajahan dulu.
·         Jika anda ingin membeli berbagai hal diatas terutama pakaian dalam jumlah banyak pasa aua kuniang (pasar aur kuning) menjadi tempat yang lebih direkomendasikan. Karena pasar ini merupakan pasar grosiran sehingga akan lebih murah berbelanja disini. Namun, jika anda belum pernah ketempat ini sebelumnya, akan lebih baik membawa orang asli Bukittinggi yang dapat memandu jalan anda berbelanja disini.
·         Jika mempunyai banyak waktu anda dapat langsung datang ke tempat penghasil barang-barang tersebut yang masih berada di daerah sekitaran kota Bukittinggi. Hal ini akan sangat menyenangkan karena di perjalanan ada akan disuguhkan dengan pemandangan alam pedesaan yang masih alami dan asri. Berikut tempat-tempatnya:
Koto Gadang, terkenal dengan salendang koto gadang dan sulaman rendo bangku dengan berbagai motif dan warna yang menarik. Juga ada bordiran yang dibuat dalam berbagai bentuk, seperti mukena, jilab, dan baju kurung. Ini merupakan hasil kerajinan asli masyarakat kotogadang yang sangat tinggi nilai estetis dan harga jualnya. Selain itu, disini juga bisa anda temui galeri-galeri kerajinan perak koto gadang.
Pandai Sikek, songket pandai sikek merupakan hasil kerajinan ternama dari daerah ini. Disini selain berbelanja anda juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan-kerajinan dari daerah ini. Seperti  songket, bordiran, sulaman indah, pernak-pernik, dll
Ampek Angkek, ini merupakan daerah pusat konveksi di Agam. Disini anda dapat menemukan galeri-galeri yang menjual berbagai jenis bordiran dan sulaman dalam berbagai bentuk, seperti mukena, jilab, dan baju kurung. Sulaman kapalo samek adalah sulaman andalan khas daerah ini. 
(Rina Wahyuni / 0810862046)

No comments:

Post a Comment