Wednesday, December 21, 2011

Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Kota Bukittinggi

 Sumatera Barat memiliki lokasi belanja yang terdapat di Kota Bukittinggi. Di sana terdapat berbagai macam benda–benda menarik yang dijual seperti kerajinan tangan, berbagai macam pakaian dan aksesoris dengan harga murah. Pasar tradisonal yang cukup terkenal di kota Bukittinggi adalah pasar Aur Kuning, Pasar Atas dan Pasar Bawah. Pasar tradisional ini merupakan pusat grosir yang terkenal cukup murah di Sumatra Barat. 
 Di pasar ini beranekaragam jenis barang tersedia. Mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, buku, aksesoris, kebutuhan harian rumah tangga dan lain sebagainya. Menariknya, di sini pembeli bebas membeli dengan cara eceran atau grosir.  Setiap para wisatawan yang datang ke Bukittinggi pasti menyempatkan diri untuk berbelanja di sini minimal untuk membeli oleh-oleh dan cendramata. Harganya jauh lebih murah dibanding  langsung membelinya dipusat objekwisata di atas.
Nah berikut ini beberapa tips berbelanja dengan nyaman, aman di kota Bukittinggi :
1.            Cobalah untuk mengakrabkan diri dengan penjual, misalnya dengan menggunakan bahasa local yaitu bahasa minang. Hal ini perlu karena kita akan di anggap menghargai dan mengenal budaya mereka.
2.             Jangan segan untuk menawar. Biasanya dengan terus menawar maka kita dapat membeli barang dengan harga paling murah.
3.                     Carilah penjual lain yang menjual barang yang sama untuk dijadikan referensi harga barang yang akan kita beli.
4.       Jagalah dompet anda dengan hati–hati karena tempat belanja di Bukittinggi biasanya dipenuhi oleh orang–orang yang berlalu-lalang. (Mardiwan / 0810862018)

No comments:

Post a Comment