Wednesday, December 21, 2011

Natal, Berbagi Kebahagiaan Bersama Lingkungan

Bulan Desember merupakan bulan yang penuh hikmah terutama untuk umat kristiani, betapa tidak beberapa minggu kedepan akan memperingati natal. Natal sangat identik dengan pohon natal, kado, kue, bahkan beberapa aksesorisnya yang menambah suasana natal semakin lengkap.
Natal adalah hari yang bahagia bagi umat kristiani, bukan cuma berbagi kebahagiaan pada sesama manusia, namun lingkungan juga akan menerima imbasnya.  Tidak jarang kita hanya memperhatikan suasana natal dengan yang indah-indah saja, namun kita juga harus memperhatikan lingkungan yang selama ini tempat kita tinggal. Nuansa Natal memang banyak memakai warna hijau, terutama pohon natalnya, namun cara merayakan Natal belum tentu benar-benar 'hijau' alias ramah lingkungan.
Berikut beberapa tips berbagi kebahagiaan bersama lingkungan:
1.      Kurangi lampu natal, Jika  memang ingin memakai lampu hiasan, cobalah memakai jenis lampu LED, karena jenis ini menghemat 90 persen energi dibandingkan lampu biasa. Untuk  Menghemat pemakaian lampu natal. Matikan lampu natal di saat Anda tidak berada di rumah.
2.      Lakukan daur ulang pada kertas kado Gunakan kertas yang tidak terpakai untuk membungkus kado, tentunya dengan sedikit kreatifitas disana sini agar kado natal terlihat cantik. Kalau memang perlu membeli kertas kado, jangan pilih yang berlapis metalik mengkilat karena jenis ini lebih sulit didaur ulang.
3.      Gunakan pohon natal yang asli, namun masih dalam keadaan hidup dan tidak ditebang. Dan hindari penggunaan pohon plastik. Karena bahan plastik lama terurainya.
4.      Gunakan lilin yang terbuat dari minyak kedelai, atau lilin yang terbuat dari bahan alam atau tumbuhan karena bebas asap, mudah terurai dan ramah lingkungan.
5.      Rayakan Natal di rumah. Dampak terburuk pada lingkungan disebabkan oleh karbondioksida yang diakibatkan transportasi selama liburan.
6.      Hindari alat-alat makan sekali pakai. Memang piring, gelas, dan sendok garpu sekali pakai lebih mudah untuk acara kumpul-kumpul, tapi jauh lebih ramah lingkungan bila anda memakai jenis yang bisa dipakai ulang.
Nah,, tidak sulitkan untuk berbagi kebahagian bersama lingkungan kita sendiri. (Nining Yulianty / 0810862034)

No comments:

Post a Comment